You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Penandatanganan MOU Dinas Pemadam Kebakaran
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Pemprov DKI - Fiji Jalin Kerjasama Penanganan Kebakaran

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjalin kerja sama dengan Pemerintah Republik Fiji dalam bidang pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana.

Bagi mereka (Fiji), Jakarta ini berpengalaman karena tiap hari itu ada kebakaran di Jakarta. Setahun bisa 6.000 kejadian, sekarang sudah mulai turun.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Pemprov DKI dan Fiji di Balaikota, Senin (22/9).

Dalam penandatangan kerja sama tersebut, Pemprov DKI diwakili Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, sedangkan dari Fiji hadir beberapa pejabat dari National Fire Authority (NFA). Pemerintah Fiji ingin belajar dengan Pemprov DKI Jakarta yang memiliki pengalaman menangani kebakaran.

60 Persen Kebakaran di Jaktim Dipicu Listrik

“Bagi mereka (Fiji), Jakarta ini berpengalaman karena tiap hari itu ada kebakaran di Jakarta. Setahun bisa 6.000 kejadian, sekarang sudah mulai turun. Mereka ingin belajar dari kita,” ujar Basuki usai penandatanganan MoU dengan Ketua Otoritas Pemadam Kebakaran Fiji, Francis Kean, di Balaikota, Senin (22/9).

Ia mengungkapkan, bentuk kerjasama antara Pemprov DKI dan Pemerintah Republik Fiji yang disepakati berupa training petugas kebakaran selama tiga bulan yang akan dimulai Oktober 2014.

“Kita akan share pengalaman ke Fiji antara lain hal-hal yang membuat suatu kawasan bisa terbakar selain faktor korsleting listrik. Jadi nanti orang-orang dari Fiji bisa lihat kesulitannya di mana, karena nanti mereka langsung terjun ke tim pemadam untuk belajar,” ungkapnya.

Sementara Ketua Otoritas Pemadam Kebakaran Fiji, Francis Kean menuturkan, kesepakatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Republik Fiji pada 2012 silam.

“(Kami memilih Jakarta) karena kami melihat banyak kesamaan dalam operasional antara otoritas pemadam kebakaran di Fiji dan di Jakarta,” katanya.

Ia menambahkan, pemerintah Fiji saat ini sedang mengembangkan peran dinas pemadam dari sekadar memadamkan api ke operasi penyelamatan jiwa.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1089 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye983 personAldi Geri Lumban Tobing